Headlines News :
Home » » FUNGSI ALAT TUBUH MANUSIA

FUNGSI ALAT TUBUH MANUSIA

Written By Edi Rajo Intan on Senin, 29 Oktober 2012 | 11.41


Daftar Isi
Sambutan  ...............................................................................................................
Prakata      ................................................................................................................  Silabus       ................................................................................................................
 RPP          ...............................................................................................................
Isi                ...............................................................................................................
Daftar Isi    ...............................................................................................................
Semester 1
Kegiatan Semester 1 .....................................................................................................
Bab 1  Fungsi Alat Tubuh Manusia .....................................................................
A.  Fungsi Rangka Manusia dan Pemeliharaannya  ...................................................            
B.  Fungsi Alat Indera dan Pemeliharaannya  ............................................................
Evaluasi Bab 1 ...............................................................................................................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :    SDN 22 Sungai Serik
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                      :    IV/1
Materi Pokok                         :    Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                                       :    4 x 45 menit  ( 3 X pertemuan )
Metode                                     :    Ceramah dan praktek

Standar Kompetensi          :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

Indikator
  • Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.

A.      Tujuan Pembelajaran**:
o    Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
                secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o    Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o    Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o    Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

& Karakter siswa yang diharapkan :                Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
B.      Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o    Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o    Bagian rangka (hlm.2)
o    Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.




Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

C.      Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV




D.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F  Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendeskripsikan rangka manusia:
-   rangka kepala
-   rangka badan
-   rangka anggota gerak
-   sendi
F  Siswa menyebutkan rangka kepala
-   T.Ubun
-   T.Pelipis
-   T. Mata
-   T. Dahi
-   T.Hidung
-   T.Pipi
-   Rahang atas
-   Rahang bawah

F  Siswa menyebutkan rangka badan
-   T.Tengkorak
-   Ruas-ruas Tulang leher
-   T.Selangka
-   T.Belikat
-   T.Dada
-   T.Rusuk

-   T.Lengan Atas
-   Ruas-ruas Tulang Punggung
-   TT.Panggul
-   T.Hasta
-   T.Pengumpil
-   T.Pergelangan Tangan
-   T.Telapak tangan
-   Ruas-ruas Jari Tangan
-   T.Paha

-   T.Tempurung lutut
-   T.Betis
-   T.Kering
-   T.Pergelangan kaki
-   T.Telapak kaki
-   Ruas-ruas jari
-   T.Kemaluan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya

( 50 menit)
































(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengumpulkan pekerjaan rumah
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F  Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F  Mendeskripsikan Sendi :
-   Sendi Engsel
-   Sendi Pelana
-   Sendi Peluru
-   Sendi Putar
-   Sendi Geser

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F  Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F  Melakukan kegiatan
F  Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi

(50 menit)























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F  Mengambar rangka badan manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan kegiatan
F  Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F  Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F  Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor


E.      Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
Tugas Individu
dan Kelompok
Laporan dan Unjuk kerja
o  Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

F.       FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

·              LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                                                                                                           Mengetahui                                                                                                        Sungai Serik, Juli 2012
        Kepala SD Negeri 22 Sungai Serik                                                                                               Guru Kelas IV



                    D I S M A N, S.Pd                                                                                                      D I S M A N, S.Pd
             NIP. 196512312000031085                                                                                        NIP. 196512312000031085





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :    22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                      :    IV/1
Materi Pokok                         :    Rangka dan Panca Indera Manusia
 waktu                                      :    2 x 45 menit
Metode                                     :    Ceramah dan praktek

Standar Kompetensi          :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

Indikator
  • Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
  • Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

A.      Tujuan Pembelajaran** :
o    Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o    Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o    Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

& Karakter siswa yang diharapkan :                Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Essensial
o    Memelihara kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)

C.      Media Belajar
o    Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o    Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,


D.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
F  Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.


(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F  Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor



E.      Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia

o  Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan
Unjuk kerja






o  Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka manusia

o  Carikan informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

·              LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

              Mengetahui                                                                                                            Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22 Sungai Serik                                                                                            Guru Kelas IV



        D I S M A N, S.Pd                                                                                                         D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085                                                                                             NIP. 196512312000031085






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :    SDN 22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                      :    IV/1
Materi Pokok                         :    Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                                       :    8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                                     :    Ceramah dan praktek

Standar Kompetensi          :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

Indikator
  • Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
  • Menjelaskan kegunaan alat indera

A.      Tujuan Pembelajaran** :
o    Siswa dapat Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o    Siswa dapat Menjelaskan kegunaan alat indera

& Karakter siswa yang diharapkan :                Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera) :
o    Mata (hlm.12)

C.      Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o    Otototip snellen, penggaris

D.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengulang materi sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami peta konsep tentang alat indera manusia.
F  Menjelaskan cara kerja mata
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya :
-   Alis mata
-   Kelopak mata
-   Bulu mata
F  Mampu menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata.
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan.
-   Kornea
-   Iris
-   Lensa
-   Badan Bening
-   Retina
-   Saraf mata
F  Melakukan kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengulang kembali cara kerja mata


(50 menit)
























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F  Mengambar anatomi mata


pertemuan 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengumpulkan pekerjaan rumah
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o    Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku.
F  Menjelaskan cara kerja lidah.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian telinga 
Telinga luar :
Telinga tengah :
Telinga dalam :
-   Daun telinga
-   Lubang telinga
-   Saluran telinga luar

-   Selaput pendengaran
-   Tulang-tulang pendengaran
-   Saluran Eustachius

-   Tiga saluran setengah lingkaran
-   Rumah siput
-   Sakulus dan utrikulus
-   Saraf pendengaran
F  Mampu mendeskripsikan cara kerja telinga
F  Melakukan kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengulang kembali cara kerja mata
(50 menit)


























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    Mengambar Alat Indera Manusia

pertemuan 3
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o    Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan fungsi hidung.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mengulang kembali cara kerja lidah.
F  Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang.
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung
F  Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara kerja lidah dan hidung

(50 menit)

















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    Mengambar anatomi mata


pertemuan 4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o    Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan fungsi kulit
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mengulang kembali cara kerja hidung.
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit
F  Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba
F  Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap rangsangan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.

(50 menit)
















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    Mengambar anatomi mata



E.      Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Menjelaskan kegunaan alat indera

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Sebutkan macam-macam alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Jelaskan kegunaan alat indera


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

·              LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

             Mengetahui                                                                                                                           Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22 Sungai Serik                                                                                                          Guru Kelas IV



        D I S M A N, S.Pd                                                                                                                      D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085                                                                                                            NIP. 196512312000031085





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :    SDN 22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                      :    IV/1
Materi Pokok                         :    Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu                                       :    4 x 45 menit  (3 X pertemuan)
Metode                                     :    Ceramah

Standar Kompetensi          :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera

Indikator
  • Memberi contoh cara  merawat alat indera.
  • Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.

A.      Tujuan Pembelajaran** :
o    Siswa dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
-   Mata
-   Telinga
-   Lidah
-   Hidung
-   Kulit
o    Siswa dapat Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk membaca ditempat yang kurang terang

& Karakter siswa yang diharapkan :                Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

B.      Materi Essensial
Mengenal Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :
o    Mata (hlm.16)
o    Telinga (hlm.20)
o    Lidah (hlm.22)




C.      Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

D.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memahami cara merawat mata.
F  Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :
-   Miopi
-   Hipermiopi
-   Presbiopi
-   Rabun Senja
-   Buta warna

-   Mata merah
-   Katarak

F  Mengetahui cara mencegah penyakit mata tersebut.
F  Memahami cara merawat telinga.
F  Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :
-   Tuli
-   Bisul
-   Congek
F  Mengetahui cara mencegah penyakit telinga tersebut.
F  Memahami cara merawat lidah
F  Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah.
F  Mengetahui cara mencegah penyakit lidah tersebut.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengulang kembali cara merawat matam, telinga dan lidah.

(50 menit)


























(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    cara memelihara kesehatan panca Indera

pertemuan 2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengumpulkan pekerjaan rumah
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o    Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memahami cara merawat hidung.
F  Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung.
F  Mengetahui cara mencegah penyakit hidung tersebut.
F  Memahami cara merawat kulit.
F  Mendeskripsikan kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga.
F  Mengetahui cara mencegah penyakit kulit tersebut.
F  Mampu menunjukkan bagian-bagian lidah
F  Menjelaskan cara kerja lidah.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengulang kembali cara merawat hidung dan kulit

(50 menit)






















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o    Melakukan Tugas

pertemuan 3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o    Memahami kembali peta konsep tentang alat indera manusia.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menagih tugas
F  Mengerjakan Uji kompetensi
F  Mengerjakan dan membahas Latihan ulangan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Memberikan pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera Manusia.

(50 menit)














(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
F   Melakukan Tugas


E.      Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberi contoh cara  merawat alat indera.
o  Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.

Tugas Individu


Laporan

o  Sebutkan contoh cara  merawat alat indera.
o  Carikan informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

·              LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                    


             Mengetahui                                                                                                                           Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22 Sungai Serik                                                                                                          Guru Kelas IV



        D I S M A N, S.Pd                                                                                                                      D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085                                                                                                            NIP. 196512312000031085



 PRAKATA
Puji  syukur  kami  panjatkan  kehadirat  Tuhan  Yang  Maha Pencipta sehingga  Modul IPA (Ilmu  Pengetahuan Alam)  ini  dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Modul ini kami susun berdasarkan Standar Isi 2006. Melalui modul ini, kami menyajikan pembelajaran IPA yang lebih menarik, kreatif, dan bermakna. Bersama modul ini, siswa diajak untuk memerhatikan dan mempelajari keadaan alam yang ada di sekitarnya. Untuk menambah ketertarikan siswa dalam mempelajari IPA, kami sajikan pula kegiatan yang dapat merangsang daya kritis dan kreativitas. Di samping itu, dengan  pembelajaran  bermakna  siswa  dapat  merasakan  manfaat belajar IPA dalam kehidupan sehari-hari.
Modul ini, kami dedikasikan untuk keluarga yang telah memberikan semangat dalam menyusun buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia tercinta. Amin.

Penulis










Kata Sambutan

 Puji  syukur  kami  panjatkan  ke  hadirat  Allah  SWT,  berkat  rahmat  dan  karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2007, telah membeli hak cipta  Modul ini dari penulis untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui website Jaringan Pendidikan Nasional. Modul ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pndidikan dan telah ditetapkan sebagai modul yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2007.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia. modul yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional  tersebut,  dapat  diunduh (down load),  digandakan,  dicetak,  dialihmediakan,  atau difotokopi  oleh  masyarakat.  Namun,  untuk  penggandaan  yang  bersifat  komersial  harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa modul  ini akan lebih mudah diakses sehingga peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini. 
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Selanjutnya, kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah modul ini sebaik-baiknya. Kami menyadari modul ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Renah Indojati, Desember 2012

                                                                                                                                    Penerbit





BAB I
Fungsi Rangka Manusia dan Pemeliharaannya

Pada hari Minggu  Dimas dan Leo sedang belajar membuat layang
layang. Mereka diajari cara membuat layang-layang oleh ayah Dimas.
Dalam pembuatan layang-layang tersebut, diperlukan bambu. Bambu
berfungsi  sebagai  rangka  layang-layang,  sehingga  layang-layang
tersebut dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai keinginan.
Sambil memerhatikan pembuatan layang-layang tersebut, Dimas
teringat dengan penjelasan Pak Guru tentang pelajaran fungsi rangka
manusia.  Ternyata,  ada  kesamaan  fungsi  antara  rangka  layang-
layang dan rangka pada tubuh manusia. Kemudian, Dimas dan Leo
mendiskusikan kembali tentang pelajaran fungsi rangka manusia.


Fungsi RangkaManusia danPemeliharaannya

1. Fungsi Rangka Manusia
Coba kamu perhatikan tubuhmu. Apakah yangmembuat kamu dapat berdiri tegak? Coba kamu berdirikan sehelai kain. Dapatkah kain tersebut berdiri tegak? Untuk mengetahui penyebabnya, marilah kita pelajari pembahasan berikut.
Dalam tubuh manusia terdapat   tulang-tulang. Tulang-tulang tersebut saling berhubungan dan tersusun  rapi  membentuk  rangka  seperti  pada Gambar 1.1. Rangka memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita, yaitu:
                     memberikan bentuk pada tubuh,
     melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak,
     menjaga tubuh agar tetap tegak, dan
     tempat menempelnya otot.




a. Bagian-bagian Rangka
Secara garis besar, rangka manusia terbagi men-jadi 3 bagian, antara lain tulang rangka kepala (tengkorak),  tulang  rangka  badan,  dan  tulang rangka anggota gerak. Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut dengan saksama.
                                                                            
1. Tulang-tulang rangka kepala
Tulang  rangka  kepala
(tengkorak)  berfungsi:
untuk  melindungi  organ  penting  yang  adadi  bagian  kepala,  antara  lain  otak.  Apabila kepala  terbentur  maka  otak  akan  terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.

Tengkorak manusia : dapat berfungsi sebagai
               pelindung otak dan organ lain yang ada di dalamnya.














2. Tulang-tulang rangka badan
Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah mulai dari  leher  sampai  dengan  panggul.

Tulang rangka badan terdiri atas:
a)        Tulang leher
Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan adanya tulang leher, kepala dapat berdiri tegak. Di samping itu, susunan tulang leher memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga kepala dapat meng-angguk, menoleh ke samping, dan dapat diputar. Di samping itu, tulang leher pun berfungsi.

untuk  melindungi  tenggorokan,  kerongkongandan pita suara. Tenggorokan merupakan salu-ran untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan pita suara merupakan alat penghasil suara.

b)  Tulang dada dan tulang rusuk
Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi  organ-organ  yang  ada  di  bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Tentu kamu sudah  tahu  bahwa  jantung  berperan  dalam memompa  darah  ke  seluruh  tubuh.  Adapun paru-paru berfungsi untuk bernapas.
c)  Tulang punggung
Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sum-sum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain  itu,  tulang  punggung  berfungsi  sebagai penopang anggota tubuh bagian atas. 

d)  Tulang panggul
Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara  tubuh  bagian  atas  dan  tubuh  bagian bawah.Tulang panggul juga berfungsi sebagai pe-nyangga organ dalam bagian perut. Organ ter-sebut antara lain usus halus dan usus besar.


 

3) Tulang rangka anggota gerak
Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian besar pe-kerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan  tangan,  tulang  telapak  tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering,  tulang  betis,  tulang  pergelangan  kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.


b. Fungsi Tulang Rangka BerdasarkanBentuknya
Berdasarkan bentuk, tulang rangka dibagi dalam tiga  bentuk  utama,  yaitu  tulang  pipa,  tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang tersebut.memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, pelajarilah uraian berikut ini  dengan saksama.


1) Tulang pipa
Perhatikan lengan dan kakimu, kemudian pegang-lah. Apakah kamu merasakan ada tulang yang cukup panjang di lengan dan kakimu? Itulah tulang pipa. Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Mengapa disebut tulang pipa? Karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga. Coba amati Gambar 1.8 dan 1.9.Rongga  pada  tulang  pipa  berisi  sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan  makanan.  Pada  ujung-ujung  tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah.
2) Tulang pendek
Mengapa  disebut  tulang  pendek?  Tulang  ini memiliki ukuran tulang yang pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah.Tulang-tulang yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki.

3) Tulang pipih
Tulang ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang  pendek,  tulang  pipih  berfungsi  sebagai tempat  pembentukan  sel-sel  darah.  Hal  ini disebabkan dalam tulang pipih terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala. Dapatkah kamu menyebutkan tulang lainyang termasuk ke dalam tulang pipih?Tulang dada dan tulang rusuk   termasuk ke dalam tulang pipih.

Pengelompokan Tulang Berdasarkan
Bentuknya
Tujuan
 Kamu dapat mengetahui pengelompokan tulang berdasarkan bentuknya.
Alat dan bahan
    Krayon atau pensil warna merah
    Krayon atau pensil warna kuning
    Krayon atau pensil warna biru
    Kertas fotokopi dengan gambar susunan rangka
manusia
Langkah kerja
1.   Tirulah gambar di samping.
2.   Setelah mendapatkan gambarnya, siapkanlah 3
krayon atau pensil warna dengan warna merah,
biru, dan kuning.
3.   Warnailah gambar susunan rangka tersebut dengan
aturan sebagai berikut.
Warna merah untuk tulang pipa
Warna biru untuk tulang pipih
Warna kuning untuk tulang pendek


4.   Warnailah seluruh bagian tulang tersebut hingga selesai.
Jawablah pertanyaan berikut. Kemudian, diskusikan bersama teman dan gurumu.
1.   Tulang apa saja yang termasuk tulang pipa?
2.   Tulang apa saja yang termasuk tulang pipih?
3.   Tulang apa saja yang termasuk tulang pendek?
4.   Dari gambar yang telah kamu warnai dapatkah kamu melihat
perbedaan antara tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek?
5 Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan yang telah kamu lakukan?
    Diskusikan bersama teman dan gurumu

 2. Pemeliharaan Rangka
Pernahkah kamu melihat orang yang punggung-nya bungkuk? Mengapa punggung orang tersebut bisa bungkuk? Tulang belakang yang ada pada tubuhmu mengalami pertumbuhan dan perkem-bangan. Apabila rangka tidak dipelihara, akan mengakibatkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan tulang rangka. Berikut ini adalah contoh kelainan pada tulang. Perhatikan Gambar

a.  Lordosis, yaitu tulang belakang bengkok ke belakang. Kelainan ini menyebabkan sese-orang menjadi bungkuk.
b.  Kifosis,  yaitu  tulang  belakang  bengkok  ke depan. Kelainan ini menyebabkan dada men-jadi terlalu membusung.
c.Skoliosis,  tulang  belakang  bengkok  kesamping. Kelainan ini menyebabkan badamenjadi condong ke kiri atau ke kanan.
Apakah kamu menginginkan tulang belakang-mu seperti pada Gambar 1.12. Oleh karena itu, kamu harus memelihara tulang belakangmu. Agar tulang belakangmu tumbuh dengan baik maka kamu harus memerhatikan hal-hal berikut:
a.Melakukan sikap yang benar ketika tidur, duduk, dan berdiri.
b.Meminum susu dan makan makanan yang   mengandungkalsium.
c.Berhati-hatilah dalam melakukan suatu gerakan pada saat bekerja atau berolahraga. Beban yang   berat dan gerakan yang salah dapat me-nyebabkan tulangmu patah atau tergeser.


Ayo, Kerjakan 1.2
Carilah informasi mengenai penyakit dan gangguan pada tulang serta penyebabnya. Kamu dapat mencari informasi tersebut dari media cetak maupun elektronik. Kemudian, buatlah tabel sebagai berikut.
Tabel Jenis Penyakit Tulang dan Penyebabnya

 Setelah mengisi tabel tersebut, kumpulkan kepada guru dan diskusikan cara pencegahannya bersama teman dan gurumu.


Fungsi Alat Indra dan Pemeliharaannya
 Pernahkah kamu diajak ke undangan pernikahan orangtuamu? Disana kamu akan melihat para tamu yang berpakaian bagus dan berwarna warni. Kamu akan mendengar musik gamelan yang mengiringi kemeriahan acara. Selain itu, kamu dapat memilih beraneka macam hidangan makanan dengan aroma dan rasa yang beraneka ragam.
Kamu dapat merasakan semua itu karena Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang telah menciptakan alat indra pada manusia. Alatindra tersebut ialah mata, telinga, hidung, lidah,dan kulit. Oleh karena jumlah indra tersebut ada lima  maka  disebut  panca  indra.  Untuk  dapat mensyukuri  panca  indra  yang  telah  diberikan Tuhan, marilah kita pelajari uraian berikut.
1. Mata
Mata merupakan indra penglihatan. Coba kamu amati mata temanmu. Mata manusia berbentuk bulat sehingga disebut bola mata. Kamu akan
 melihat  bahwa  mata  tersusun  dari  beberapa bagian. Amati Gambar 1.13 Bagian putih disebut sklera. Sklera merupakan jaringan ikat yang kuat, namun elastis. Sklera berfungsi untuk melindungi bola mata. 
Bagian  mata  yang  berwarna  disebut  iris. Orang  Indonesia  umumnya  memiliki  iris  yang berwarna  cokelat.  Di  bagian  tengah  terdapat bulatan berwarna hitam yang dinamakan pupil. Pupil  merupakan  pintu  masuk  cahaya.  Pupil akan mengecil jika berada di tempat terang dan membesar jika berada di tempat gelap. Pada ba-gian depan iris dan pupil terdapat kornea. Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea   berfungsi   untuk   memfokuskan   dan mengatur cahaya yang masuk.Sebenarnya,masih ada bagian-bagian lain-nya dari mata. Akan tetapi, kamu tidak dapat melihatnya  dari  luar.  Bagian-bagian  tersebut ialah lensa mata, retina, saraf mata, dan otot mata. Perhatikan Gambar 1.14.

Lensa  mata  berfungsi  untuk  membentuk bayangan benda yang dilihat. Retina berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda yang dilihat. Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan ke otak. Otot mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

Semua  bagian-bagian  mata  tersebut  harus tetap  sehat.  Mata  yang  sehat  dapat  berfungsi dengan baik. Agar matamu selalu sehat, kamu harus  menjaga  dan  merawatnya.  Kamu  harus makan  makanan  yang  banyak  mengandung vitamin A, seperti sayuran dan buah-buahan. Bia-sakanlah membaca atau menonton TV dengan jarak  tidak  terlalu  dekat.  Janganlah  membaca sambil tiduran dan jika membaca harus di ruangan yang cukup terang.Apabila  kamu  tidak  merawatnya,  matamu akan  mengalami  gangguan.  Gangguan  pada mata, antara lain rabun senja (rabun ayam), rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopi),  mata tua (presbiopi), katarak, dan juling.
2. Telinga
Tuhan memberikan sepasang telinga di bagian kiri dan kanan kepala kita. Coba tutuplah telingamu. Pertama-tama tutup sebelah. Dapatkah kamu mendengar dengan jelas?
Kemudian, tutuplah kedua-duanya. Dapatkah kamu mendengar? Jadi, kamu dapat mendengar karena memiliki telinga.  Apakah kamu mengetahui bagian-bagian yang ada di telingamu? Perhatikan Gambar 1.15.

Dari Gambar 1.15,
bagian-bagian telinga dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah,   dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga   danlubang telinga. Daun telinga berfungsi membantu memusatkan suara yang masuk ke lubang telinga dan lubang telinga menyalurkan suara ke selaput gendang telinga. Perhatikan Gambar 1.16 a.               
Telinga  bagian  tengah  terdiri  atas  selaput gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran. Selaput gendang berfungsi menangkap suara darilubang telinga. perhatikan Gambar 1.16 b.
Tulang apa  saja  yang  termasuk  pada  telinga  bagian tengah? Tulang-tulang pendengaran berfungsi me-neruskan getaran suara. Getaran suara tersebut berasal  dari  selaput  gendang  menuju  telinga bagian  dalam.  Selain  itu,  pada  telinga  bagian tengah pun terdapat saluran yang menghubung-kan telinga dengan pangkal tenggorokan. Saluran ini dinamakan saluran Eustashius. Saluran ini ber-fungsi mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.Telinga bagian dalam terdiri atas rumah siput dan alat keseimbangan. Rumah siput memiliki sel saraf. Rumah siput berfungsi sebagai penerima getaran suara dari tulang pendengaran. Getaran suara  yang  diterima  dikirimkan  oleh  sel  saraf ke otak. Amati Gambar 1.16 c. Dapatkah kamu menunjukkan  letak  alat  keseimbangan  pada telinga? Diskusikan bersama teman dan gurumu. Agar telinga dapat berfungsi dengan baik, kamu harus selalu merawatnya. Gangguan-gangguan apa saja yang dapat terjadi pada telinga? Gangguan  tersebut,  di  antaranya  tuli.  Tuli dapat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat saluran telinga. Selain itu, tuli dapat disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam telinga. Oleh karena itu, kamu harus rajin memelihara kebersihan telingamu. Contohnya dengan  cara membersihkan bagian luar telinga secara hati-hati dan jangan terlalu dalam. Membersihkan telinga cukup dilakukan seminggu sekali.
3. Hidung
Jika berjalan melewati tempat sampah, kamu akan cepat-cepat menutup hidung. Sebaliknya, ketika kamu sampai di rumah, kamu akan membiarkan
hidungmu mencium aroma makanan yang telah siap di meja makan. Hal ini menunjukkan bahwa hidung  berfungsi  sebagai  indra  penciuman

Dapatkah  kamu  bayangkan  bagaimana  jikakamu tidak punya hidung?
Coba  kamu  amati  hidungmu  di  depan cermin.  Kamu  akan  melihat  bahwa  hidung dibagi  menjadi  dua  bagian  yang  sama  oleh

dinding penyekat seperti pada Gambar 1.17. Dibagian bawah dibagi oleh penyekat dari tulang rawan. Rongga hidung ditumbuhi rambut yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung. Perhatikan Gambar 1.18. Dapatkah kamu menunjukkan letak rambut-rambut pada
hidung? Hidung juga menghasilkan lendir leng-ket yang berfungsi mengeluarkan kotoran. Agar  hidung  dapat  berfungsi  dengan  baik sebagai indra pencium, kamu harus selalu men jaganya. Antara lain menutup hidung ketika mele-wati tempat yang penuh debu dan berbau tidak sedap.

4. Lidah
Lidah  merupakan  alat  indra  pengecap.  Jikadiamati di depan cermin, permukaan lidahmu tampak kasar. Di bagian yang kasar itu terdapat saraf   pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa bagian lidah terdapat daerah yang peka rasa. Amati Gambar 1.19. Lidah  berguna  dalam  merasakan  rasa makanan. Jika lidah mengalami gangguan, kamu tidak  akan  dapat  merasakan  lezatnya  suatu makanan. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan lidahmu. Misalnya, janganmeminum minuman atau memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

 Ayo, Cari Tahu 1.2
Keterkaitan Rasa dan Bau
Tujuan

Kamu dapat mengetahui keterkaitan indra perasa dan indra penciuman.
Alat dan Bahan
1.    Buah apel              4.     Pisau
2.    Buah pir                5.    1 buah piring kecil
3.    Wortel                   6.   Kain selendang
Langkah Kerja
Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok atau sendiri.
1.        Potonglah buah apel, buah pir, dan wortel seperti    bentuk dadu dengan ukuran yang sama.
2.        Letakkan potongan buah tadi pada satu buah piring kecil,    kemudian campurkan ketiga jenis buah yang telah dipotong tadi.
3.        Kemudian, letakkan piring yang berisi potongan buah tadi tepat di
depanmu. Kemudian, tutuplah matamu dengan erat. Gunakan kain
selendang untuk menutup matamu.
4.        Tutup hidungmu sampai kamu tidak dapat mencium bau apapun. Kemudian, makanlah potongan buah tadi. Cobalah tebak nama buah tersebut.
5.        Ulangi kegiatan pada no.4 tanpa menutup hidung.

Diskusikanlah bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut.
1.    Apa fungsi menutup mata pada kegiatan ini?
2.   Apa yang kamu rasakan ketika kamu makan potongan buah   tersebut dan
      
hidungmu ditutup?
3.   Apa yang kamu rasakan ketika kamu makan potongan buah tersebut dan
      
hidungmu terbuka?
4.  Manakah yang lebih mudah pada saat menebak jenis makanan apakah
       pada saat hidungmu tertutup atau terbuka?
5.   Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

5. Kulit
Cobalah  kamu  raba  dua  benda  yang  memiliki permukaan  berbeda.  Misalnya,  sehelai  kertasdan  sebuah  batu.  Dapatkah  kamu  merasakan permukaan kertas yang halus dan permukaan batu yang kasar? Tentu kamu dapat membedakannya karena kulit berfungsi sebagai alat indra peraba.
Melalui indra peraba, kamu dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila sesuatu menyen-tuh kulitmu. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapi rasa sakit, tekanan, panas, an dingin.Agar kulitmu dapat selalu berfungsi dengan baik, kamu harus selalu merawat dan memeli-haranya. Misalnya, mandi secara teratur sehingga kulitmu  tetap  bersih.  Gunakan  sarung  tangan apabila  akan  memegang  benda-bendayangdapat melukai kulit.
                              
Ayo, Berlatih 1.2
Kerjakanlah soal-soal berikut ini pada buku latihanmu.
1. Tuliskan alat-alat indra yang ada pada tubuhmu dan jelaskan masing-masing fungsinya.
2. Apa yang kamu lakukan agar masing-masing alat indramu dapat berfungsi dengan baik?

Ayo, Pahami
     Secara umum rangka manusia dibagi menjadi  3 bagian,yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.
 Rangka berfungsi untuk menegakkan tubuh, tempmenempelnya otot,
memberikan bentuk pada tubuh, melindungi bagian-bagian yang lunak
yang ada dalam tubuh.
     Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi  3 macam, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih.
      Alat indra dalam tubuh manusia terdiri atas mata, telinga, hidung, lidah,dan kulit.
     Setiap alat indra memiliki fungsinya sendiri, antara lain mata untuk  melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, lidah untuk merasa, dan  kulit untuk meraba.

Ayo, Pelajari Kembali
Pada bab 1 kamu sudah mempelajari tentang fungsi rangka dan alat indra. Apakah kamu sudah memahami materi tentang fungsi alat tubuh manusia? Apakah dalam mempelajari materi tersebut kamu mengalami kesulitan? Jika kamu mengalami kesulitan, pelajari kembali dan diskusikan bersama temanteman dan gurumu.

Evaluasi Bab 1
Kerjakanlah pada buku latihanmu.
1.Berikut ini bagian rangka yang Tidak termasuk pada pembagian rangka manusia secara garis besar.
a.tulang-tulangrangkakepala
b.tulang-tulangrangkabadan
c.tulang-tulang rangka bahu
d.tulang-tulang rangka anggotagerak
2.Tulang rangka yang berfungsimelindungi jantung dan paru-paru adalah ...
a.  tulang tengkorak
b.  tulang rusuk dan dada
c.  tulang panggul
          d.  tulang tungkai                                                   
3.Tulang leher terdiri atas ...
          a.   7 ruas             
          b.   8 ruas 
          c.   5 ruas                    
          d.   6 ruas
4.Tulang yang termasuk dalamtulang-tulang  anggota  gerak adalah ...        
          a. tulang punggung
          b.  tulang rusuk
          c.  tulang sanggurdi
          d.  tulang pengumpil

5.  Berikut ini yang bukan merupakanfungsi utama tulang adalah ...
           a.  memberikan  bentuk  pada tulang
             b.  tempat menempelnya otot-otot
          c.  melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak
          d. menjaga tubuh agar tetap tegak
6.Tulang yang termasuk dalam anggota tulang tungkai adalah ...
a.  tulang kering
b.  tulang pengumpil
c.  tulang tengkorak
d.  tulang rusuk
7.Tulang yang termasuk dalam anggota tulang pipih adalah ...
          a.  tibia
           b. ¿bula
           c.  tulang tengkorak
           d.  tulang punggung

8.  Skoliosis adalah kelainan tulang karena ...
          a.tulangbelakangbengkokke depan
          b.tulangbelakangbengkokke belakang
          c.tulang belakang bengkok kesamping
          d.tulang belakang lurus dankaku
9. Menurutmu, manakah anggota tubuh yang tidak tergolong alat untukmengindra?
           a.  mulut
           b.  lidah
          c.  kulitd. 
          d.  mata
10. Perhatikan gambar berikut.

1  retina
2  kornea
3  iris

4  lensa


Sumber: Kamus Visual, 2004.
.Bagian yang berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda adalah nomor ...
           a.1
           b.2
           c.3
           d.4
11. Bagian telinga yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan suara adalah ...
          a.  daun telinga
          b.  gendang telinga
          c.  tulang-tulang telinga
          d.  rumah siput
12. Hal yang tidak boleh dilakukan agar indra pendengaran kita tidak terganggu adalah ...
       a.  membersihkannya  setiapminggu
b.  mendengar suara-suara yangkeras
c.  membersihkannya denganbahan yang lembut
d.  tidak terlalu dalam pada saatmembersihkan telinga
13. Bagian hidung yang berfungsi sebagai penyaring adalah ...
      
a.  lubang hidung
b.  rambut-rambut hidung
c.  syaraf pendeteksi bau
d.  lapisan pembau
14. Perhatikan gambar berikut.

1
2
3
4
Sumber: Menjelajahi dan Mempelajari, Tubuh
Manusia, 2006.
16..Bagian lidah yang peka terhadaprasa pahit adalah nomor ...
       a. 1          
b. 2                           .     
c. 3
d. 4

17.Kulitberfungsisebagai....... ...
      
a.  indra penglihat
b.  indra pendengar
c.  indra perasa
d.  indra peraba

B.  Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi 3, yaitu ...
2. Tulang yang dapat melindungi otak adalah tulang ...
3. Tulang yang bersambungan dengan tulang dada dan tulang punggung adalah ...
4. Tulang-tulang anggota gerak berfungsi untuk ...
5. Rongga pada tulang punggung berisi ... yang terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh.
6. Sumsum merah yang terdapat dalam tulang pendek berfungsi untuk ...
7. Alat indra manusia terdiri atas ...                                         
8. Bagian-bagian mata yang tampak dari luar adalah ...

9. Bagian telinga yang menangkap gelombang suara dan memberikan getaran pada tulang-tulang telinga adalah ...
10. Alat indra yang berfungsi sebagai indra perasa adalah ...


C.   Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1.Tuliskan pembagian rangka manusia secara garis besar dan sebutkan pula tulang-tulang yang termasuk dalam setiap kelompok pembagian rangka tersebut.
2.Jelaskan fungsi rangka manusia.
3.Tuliskan pembagian tulang berdasarkan bentuknya dan jelaskan fungsi utamanya.
4.Tuliskan alat-alat indra pada manusia dan jelaskan masing-masing fungsinya.
5. Bagaimanakah cara merawat tulang agar tetap kuat dan berfungsi dengan baik?





Share this post :

Poskan Komentar

Pages

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SELAMAT DATANG DI BLOG ED RAJO INTAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger