Daftar Isi
Sambutan ...............................................................................................................
Prakata ................................................................................................................ Silabus ................................................................................................................
RPP ...............................................................................................................
Isi ...............................................................................................................
Isi ...............................................................................................................
Daftar Isi
...............................................................................................................
Semester 1
Kegiatan Semester 1
.....................................................................................................
Bab 1
Fungsi Alat Tubuh Manusia .....................................................................
A. Fungsi Rangka Manusia dan
Pemeliharaannya
...................................................
B. Fungsi Alat Indera dan Pemeliharaannya
............................................................
Evaluasi Bab 1
...............................................................................................................
Penerbit
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 22 Sungai Serik
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit
( 3 X pertemuan )
Metode : Ceramah dan praktek
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka
tubuh manusia dengan fungsinya
Indikator
- Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
A.
Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o
Siswa
dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o
Menjelaskan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o
Mengenal
Rangka Manusia (hlm.2)
o
Bagian
rangka (hlm.2)
o
Fungsi
rangka (hlm.6)
Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu
dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports
organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung
organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh
adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton
comprises around 30-40% of the total body weight, [
1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri
dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1]
dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected
directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua
tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain.
The hyoid bone , which is located in the neck and serves
as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body,
being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi
sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam
tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
C.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
D.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan
manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
-
rangka kepala
-
rangka badan
-
rangka anggota gerak
-
sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
( 50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
o
Mengambar rangka badan manusia
|
|||||||||
pertemuan 2
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau
mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota
tubuh yang terdapat sendi
|
(50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
F Mengambar rangka badan manusia
|
|||||||||
pertemuan 3
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya,
dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui
beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-
Lordosis
-
Kifosis
-
Skoliosis
F Mengetahui
cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah
raga secara teratur..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk
mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
||||||||
(5 menit)
|
|||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
E.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menjelaskan rangka manusia dan
fungsinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o
Jelaskanlah rangka manusia dan
fungsinya.
|
F.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
·
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
·
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
·
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22
Sungai Serik Guru Kelas IV
D I S M A N, S.Pd D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085 NIP. 196512312000031085
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : 22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu :
2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
1.2
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
Indikator
- Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
- Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
A. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o
Siswa
dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o
Siswa
dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada
rangka
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Essensial
o
Memelihara
kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)
C. Media
Belajar
o
Buku
SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Benda
yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan
kursi kelas,
D. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-
Lordosis
-
Kifosis
-
Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang
mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk
mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
E. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menjelaskan cara pemeliharaan rangka
manusia
o
Mencari informasi tentang penyakit dan
kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan
Unjuk kerja
|
o
Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka
manusia
o
Carikan informasi tentang penyakit dan
kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
·
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
·
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
·
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Mengetahui Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22
Sungai Serik Guru Kelas IV
D I S M A N, S.Pd D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085 NIP. 196512312000031085
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca
indera dengan fungsinya
Indikator
- Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
- Menjelaskan kegunaan alat indera
A. Tujuan
Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o
Siswa
dapat Menjelaskan kegunaan alat indera
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Essensial
Mengenal Alat
Indera Manusia (Bagian, cara kerja dan kepekaan terhadap rangsang alat indera)
:
o
Mata
(hlm.12)
C. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Otototip
snellen, penggaris
D. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Memahami peta konsep tentang alat indera manusia.
F Menjelaskan cara kerja mata
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Mampu menunjukkan bagian-bagian yang melindungi mata dan kegunaanya :
-
Alis mata
-
Kelopak mata
-
Bulu mata
F Mampu menjelaskan kelenjar air mata dan otot mata.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian mata pada gambar yang erat kaitannya
dengan fungsi penglihatan.
F Melakukan kegiatan.untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali cara kerja mata
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
F Mengambar anatomi mata
|
|||||||
pertemuan 2
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi bagian telinga setelah membaca materi dari buku.
F Menjelaskan
cara kerja lidah.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian telinga
F Mampu
mendeskripsikan cara kerja telinga
F Melakukan
kegiatan 1.4 (hlm.19) untuk mengetahui kepekaan mata terhadap rangsang
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian lidah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara kerja mata
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
o
Mengambar Alat Indera Manusia
|
|||||||
pertemuan 3
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi hidung.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja lidah.
F Melakukan kegiatan. untuk mengetahui kepekaan lidah terhadap rangsang.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian hidung
F Mampu mendeskripsikan cara kerja hidung sebagi indera pembau
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang cara kerja lidah dan hidung
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
o
Mengambar anatomi mata
|
|||||||
pertemuan 4
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
fungsi kulit
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Mengulang kembali cara kerja hidung.
F Mampu menunjukkan bagian-bagian kulit
F Mampu mendeskripsikan cara kerja kulit sebagi indera peraba
F Melakukan kegiatan. untuk melihat kepekaan kulit terhadap
rangsangan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk
mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
o
Mengambar anatomi mata
|
E. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi alat indera manusia
berdasarkan pengamatan
o
Menjelaskan kegunaan alat indera
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan
unjuk kerja
Uraian
Objektif
|
o
Sebutkan macam-macam alat indera manusia
berdasarkan pengamatan
o
Jelaskan kegunaan alat indera
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
·
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
·
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
·
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Mengetahui
Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22
Sungai Serik Guru Kelas IV
D I S M A N, S.Pd D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085 NIP. 196512312000031085
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 22 SUNGAI SERIK
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit
(3 X pertemuan)
Metode : Ceramah
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
Indikator
- Memberi contoh cara merawat alat indera.
- Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
A. Tujuan Pembelajaran** :
o
Siswa
dapat Menjelaskan cara merawat dan memelihara alat indera manusia
-
Mata
-
Telinga
-
Lidah
|
-
Hidung
-
Kulit
|
o
Siswa
dapat Manpu menjelaskan kelainan alat indera yang disebabkan kebiasaan buruk
membaca ditempat yang kurang terang
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Essensial
Mengenal
Alat Indera Manusia (Merawat dan memelihara kesehatan) :
o
Mata
(hlm.16)
o
Telinga
(hlm.20)
o
Lidah
(hlm.22)
C. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
D. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Memahami
cara merawat mata.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata :
F Mengetahui
cara mencegah penyakit mata tersebut.
F Memahami
cara merawat telinga.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga :
F Mengetahui
cara mencegah penyakit telinga tersebut.
F Memahami
cara merawat lidah
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang lidah.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit lidah tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara merawat matam, telinga dan lidah.
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
o
cara memelihara kesehatan panca Indera
|
|||||||
pertemuan 2
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Memahami
cara merawat hidung.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang hidung.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit hidung tersebut.
F Memahami
cara merawat kulit.
F Mendeskripsikan
kelainan dan penyakit yang dapat menyerang telinga.
F Mengetahui
cara mencegah penyakit kulit tersebut.
F Mampu
menunjukkan bagian-bagian lidah
F Menjelaskan
cara kerja lidah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mengulang
kembali cara merawat hidung dan kulit
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
o
Melakukan Tugas
|
|||||||
pertemuan 3
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
alat indera manusia.
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Menagih
tugas
F Mengerjakan
Uji kompetensi
F Mengerjakan
dan membahas Latihan ulangan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Memberikan
pengarahan agar membaca kembali materi tentang Rangka Dan Panca Indera
Manusia.
|
(50 menit)
|
||||||
(5 menit)
|
|||||||
F Melakukan Tugas
|
E. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Memberi contoh cara merawat alat indera.
o
Mencari informasi tentang kelainan alat
indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o
Sebutkan contoh cara merawat alat indera.
o
Carikan informasi tentang kelainan alat
indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
·
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
·
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
·
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Sungai Serik, Juli 2012
Kepala SD Negeri 22
Sungai Serik Guru Kelas IV
D I S M A N, S.Pd D I S M A N, S.Pd
NIP. 196512312000031085 NIP. 196512312000031085
PRAKATA
Puji syukur
kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Pencipta sehingga Modul IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam) ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Modul ini kami susun berdasarkan
Standar Isi 2006. Melalui modul ini, kami
menyajikan pembelajaran IPA yang lebih menarik, kreatif, dan bermakna.
Bersama modul ini, siswa diajak untuk memerhatikan dan mempelajari keadaan alam yang ada di sekitarnya. Untuk menambah ketertarikan siswa dalam mempelajari IPA, kami
sajikan pula kegiatan yang dapat
merangsang daya kritis dan kreativitas. Di samping itu, dengan
pembelajaran bermakna siswa
dapat merasakan manfaat belajar IPA dalam kehidupan
sehari-hari.
Modul ini, kami
dedikasikan untuk keluarga yang telah memberikan semangat dalam
menyusun buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi
peningkatan kemajuan pendidikan di Indonesia tercinta. Amin.
Penulis
Kata Sambutan
Puji syukur
kami panjatkan ke
hadirat Allah SWT,
berkat rahmat dan
karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional,
pada tahun 2007, telah membeli hak cipta Modul ini dari penulis untuk disebarluaskan kepada
masyarakat melalui website Jaringan Pendidikan Nasional. Modul ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pndidikan dan telah ditetapkan sebagai modul yang
memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2007.
Kami
menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis yang telah
berkenan
mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan
secara luas oleh para pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia. modul yang telah dialihkan hak ciptanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional
tersebut, dapat diunduh (down load), digandakan,
dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh
masyarakat. Namun, untuk
penggandaan yang bersifat
komersial harga penjualannya
harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa modul ini akan lebih mudah diakses sehingga peserta didik dan pendidik
di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang
berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Selanjutnya, kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah modul ini sebaik-baiknya. Kami menyadari modul ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Selanjutnya, kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah modul ini sebaik-baiknya. Kami menyadari modul ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Renah Indojati, Desember 2012
Penerbit
BAB I
Fungsi
Rangka Manusia dan Pemeliharaannya
Pada
hari Minggu Dimas dan Leo sedang belajar
membuat layang
layang. Mereka diajari cara membuat layang-layang oleh ayah Dimas.
Dalam pembuatan layang-layang tersebut, diperlukan bambu. Bambu
berfungsi sebagai rangka layang-layang, sehingga layang-layang
tersebut dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai keinginan.
layang. Mereka diajari cara membuat layang-layang oleh ayah Dimas.
Dalam pembuatan layang-layang tersebut, diperlukan bambu. Bambu
berfungsi sebagai rangka layang-layang, sehingga layang-layang
tersebut dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai keinginan.
Sambil
memerhatikan pembuatan layang-layang tersebut, Dimas
teringat dengan penjelasan Pak Guru tentang pelajaran fungsi rangka
manusia. Ternyata, ada kesamaan fungsi antara rangka layang-
layang dan rangka pada tubuh manusia. Kemudian, Dimas dan Leo
mendiskusikan kembali tentang pelajaran fungsi rangka manusia.
teringat dengan penjelasan Pak Guru tentang pelajaran fungsi rangka
manusia. Ternyata, ada kesamaan fungsi antara rangka layang-
layang dan rangka pada tubuh manusia. Kemudian, Dimas dan Leo
mendiskusikan kembali tentang pelajaran fungsi rangka manusia.
Fungsi
RangkaManusia danPemeliharaannya
1. Fungsi Rangka Manusia
Coba
kamu perhatikan tubuhmu. Apakah yangmembuat kamu dapat berdiri tegak? Coba kamu
berdirikan
sehelai kain. Dapatkah kain tersebut berdiri tegak? Untuk mengetahui
penyebabnya, marilah
kita pelajari pembahasan berikut.
Dalam tubuh manusia terdapat tulang-tulang. Tulang-tulang tersebut saling
berhubungan dan tersusun rapi
membentuk rangka seperti
pada Gambar 1.1. Rangka memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita,
yaitu:
• memberikan
bentuk pada tubuh,
• melindungi
bagian-bagian tubuh yang lunak,
• menjaga
tubuh agar tetap tegak, dan
• tempat menempelnya otot.
a. Bagian-bagian Rangka
Secara
garis besar, rangka manusia terbagi men-jadi 3 bagian, antara lain tulang rangka
kepala (tengkorak), tulang
rangka badan, dan
tulang rangka
anggota gerak. Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut dengan
saksama.
1. Tulang-tulang
rangka kepala
Tulang rangka
kepala
(tengkorak) berfungsi:
untuk melindungi
organ penting yang
adadi bagian
kepala, antara lain
otak. Apabila kepala
terbentur maka otak
akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.
Tengkorak
manusia : dapat
berfungsi sebagai
pelindung otak dan organ lain yang ada di
dalamnya.
2.
Tulang-tulang rangka badan
Susunan
tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah
mulai dari leher
sampai dengan panggul.
Tulang rangka badan terdiri atas:
Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan adanya tulang leher, kepala dapat
berdiri tegak. Di samping
itu, susunan tulang leher memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga kepala dapat
meng-angguk,
menoleh ke samping, dan dapat diputar. Di samping itu, tulang leher pun berfungsi.
untuk melindungi
tenggorokan, kerongkongandan pita suara. Tenggorokan
merupakan salu-ran
untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan pita
suara merupakan
alat penghasil suara.
b) Tulang dada dan
tulang rusuk
Tulang dada dan tulang rusuk
berfungsi untuk melindungi organ-organ
yang ada di
bagian dada, seperti jantung
dan paru-paru. Tentu kamu sudah tahu
bahwa jantung berperan
dalam memompa darah
ke seluruh tubuh.
Adapun paru-paru berfungsi
untuk bernapas.
c) Tulang punggung
Tulang
punggung berfungsi untuk melindungi sum-sum tulang belakang. Sumsum tulang belakang
banyak
mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh
tubuh. Selain itu,
tulang punggung berfungsi
sebagai penopang
anggota tubuh bagian atas.
d) Tulang panggul
Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung
antara tubuh
bagian atas dan
tubuh bagian bawah.Tulang panggul juga berfungsi
sebagai pe-nyangga organ dalam bagian perut. Organ ter-sebut antara lain usus halus
dan usus besar.
3) Tulang rangka anggota gerak
Tulang
rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian
besar pe-kerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri
atas tulang pangkal lengan,
tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan,
tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang
tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang
betis, tulang pergelangan
kaki, tulang-tulang
telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.
b. Fungsi Tulang Rangka BerdasarkanBentuknya
Berdasarkan
bentuk, tulang rangka dibagi dalam tiga
bentuk utama, yaitu
tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang
tersebut.memiliki
fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, pelajarilah uraian berikut
ini dengan saksama.
Perhatikan
lengan dan kakimu, kemudian pegang-lah. Apakah kamu merasakan ada tulang yang cukup panjang di lengan dan
kakimu? Itulah tulang pipa. Tulang pipa adalah
tulang yang memiliki bentuk seperti pipa.
Mengapa disebut tulang pipa? Karena
tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga. Coba amati Gambar 1.8 dan 1.9.Rongga pada
tulang pipa berisi
sumsum kuning. Sumsum kuning
ini banyak mengandung lemak. Sumsum
kuning dapat berfungsi sebagai cadangan
makanan. Pada ujung-ujung
tulang pipa yang mengembung,
di dalamnya terdapat rongga-rongga
kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum
merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel
darah.
2) Tulang pendek
Mengapa disebut
tulang pendek? Tulang
ini memiliki
ukuran tulang yang pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi
sumsum merah.Tulang-tulang yang termasuk tulang
pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan
kaki.
3) Tulang pipih
Tulang
ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang
pendek, tulang pipih
berfungsi sebagai tempat pembentukan
sel-sel darah. Hal
ini disebabkan
dalam tulang pipih terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah.
Tulang yang
termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan
tulang tengkorak kepala.
Dapatkah kamu menyebutkan tulang lainyang termasuk ke dalam tulang pipih?Tulang dada dan tulang rusuk
termasuk ke dalam tulang pipih.
Pengelompokan
Tulang Berdasarkan
Bentuknya
Tujuan
Kamu dapat mengetahui pengelompokan tulang
berdasarkan bentuknya.
Alat
dan bahan
• Krayon
atau pensil warna merah
• Krayon
atau pensil warna kuning
• Krayon
atau pensil warna biru
• Kertas
fotokopi dengan gambar susunan rangka
manusia
Langkah
kerja
1. Tirulah gambar di samping.
2. Setelah mendapatkan gambarnya, siapkanlah 3
krayon
atau pensil warna dengan warna merah,
biru,
dan kuning.
3. Warnailah gambar susunan rangka tersebut
dengan
aturan
sebagai berikut.
Warna
merah untuk tulang pipa
Warna
biru untuk tulang pipih
Warna
kuning untuk tulang pendek
4. Warnailah seluruh bagian tulang tersebut
hingga selesai.
Jawablah
pertanyaan berikut. Kemudian, diskusikan bersama teman dan gurumu.
1. Tulang apa saja yang termasuk tulang pipa?
2. Tulang apa saja yang termasuk tulang pipih?
3. Tulang apa saja yang termasuk tulang pendek?
4. Dari gambar yang telah kamu warnai dapatkah
kamu melihat
perbedaan
antara tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek?
5 Apa yang dapat kamu simpulkan
dari kegiatan yang telah kamu lakukan?
Diskusikan bersama teman dan gurumu
2. Pemeliharaan Rangka
Pernahkah
kamu melihat orang yang punggung-nya bungkuk? Mengapa punggung orang
tersebut bisa
bungkuk? Tulang belakang yang ada pada tubuhmu mengalami pertumbuhan dan
perkem-bangan. Apabila rangka tidak
dipelihara, akan mengakibatkan kelainan pada
pertumbuhan dan perkembangan tulang
rangka. Berikut ini adalah contoh kelainan pada tulang. Perhatikan Gambar
a. Lordosis, yaitu tulang belakang bengkok ke belakang. Kelainan ini
menyebabkan sese-orang
menjadi bungkuk.
b. Kifosis,
yaitu tulang belakang
bengkok ke depan. Kelainan ini
menyebabkan dada men-jadi
terlalu membusung.
c.Skoliosis,
tulang belakang bengkok
kesamping.
Kelainan ini menyebabkan badamenjadi condong ke kiri atau ke kanan.
Apakah
kamu menginginkan tulang belakang-mu seperti pada Gambar 1.12. Oleh karena
itu, kamu
harus memelihara tulang belakangmu. Agar tulang belakangmu tumbuh dengan baik maka kamu harus memerhatikan hal-hal
berikut:
a.Melakukan sikap yang benar ketika tidur, duduk, dan berdiri.
b.Meminum susu dan makan makanan yang mengandungkalsium.
c.Berhati-hatilah
dalam melakukan suatu gerakan pada saat bekerja atau berolahraga. Beban yang berat dan gerakan yang salah dapat me-nyebabkan tulangmu patah atau
tergeser.
Ayo, Kerjakan 1.2
Carilah informasi mengenai penyakit dan
gangguan pada tulang serta penyebabnya. Kamu dapat mencari informasi tersebut
dari media cetak maupun elektronik. Kemudian, buatlah tabel sebagai berikut.
Tabel
Jenis Penyakit Tulang dan Penyebabnya
Setelah mengisi tabel tersebut,
kumpulkan kepada guru dan diskusikan cara pencegahannya bersama teman dan gurumu.
Fungsi Alat Indra
dan Pemeliharaannya
Pernahkah kamu diajak ke
undangan pernikahan orangtuamu?
Disana kamu akan melihat para
tamu yang berpakaian bagus dan berwarna warni. Kamu akan mendengar musik gamelan yang mengiringi
kemeriahan acara. Selain itu, kamu dapat
memilih beraneka macam hidangan makanan
dengan aroma dan rasa yang beraneka ragam.
Kamu
dapat merasakan semua itu karena Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha
Penyayang telah menciptakan alat indra pada manusia. Alatindra tersebut ialah mata,
telinga, hidung, lidah,dan
kulit. Oleh karena jumlah indra tersebut ada lima maka
disebut panca indra.
Untuk dapat mensyukuri panca
indra yang telah
diberikan Tuhan,
marilah kita pelajari uraian berikut.
1. Mata
Mata
merupakan indra penglihatan. Coba kamu amati mata temanmu. Mata manusia berbentuk
bulat sehingga disebut bola
mata. Kamu akan
melihat
bahwa mata tersusun
dari beberapa bagian. Amati Gambar 1.13 Bagian
putih disebut sklera.
Sklera merupakan jaringan ikat yang kuat, namun elastis. Sklera berfungsi untuk
melindungi bola mata.
Bagian mata
yang berwarna disebut iris. Orang
Indonesia umumnya memiliki
iris yang berwarna cokelat.
Di bagian tengah
terdapat bulatan
berwarna hitam yang dinamakan pupil. Pupil
merupakan pintu masuk
cahaya. Pupil akan mengecil jika berada di
tempat terang dan membesar
jika berada di tempat gelap. Pada ba-gian depan iris dan pupil terdapat kornea.
Kornea merupakan bagian yang bening dan transparan. Kornea berfungsi
untuk memfokuskan dan mengatur cahaya yang masuk.Sebenarnya,masih ada
bagian-bagian lain-nya dari
mata. Akan tetapi, kamu tidak dapat melihatnya
dari luar. Bagian-bagian
tersebut ialah
lensa mata, retina, saraf mata, dan otot mata. Perhatikan Gambar 1.14.
Lensa
mata berfungsi untuk
membentuk bayangan
benda yang dilihat. Retina berfungsi sebagai layar penangkap bayangan benda yang
dilihat.
Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan ke otak. Otot mata berfungsi
untuk menggerakkan
bola mata.
Semua bagian-bagian
mata tersebut harus tetap sehat.
Mata yang sehat
dapat berfungsi dengan
baik. Agar matamu selalu sehat, kamu harus menjaga
dan merawatnya. Kamu
harus makan makanan yang
banyak mengandung vitamin
A, seperti sayuran dan buah-buahan. Bia-sakanlah membaca atau menonton
TV dengan jarak tidak terlalu
dekat. Janganlah membaca sambil tiduran dan jika
membaca harus di ruangan yang cukup terang.Apabila kamu
tidak merawatnya, matamu akan mengalami
gangguan. Gangguan pada mata, antara lain rabun senja (rabun
ayam), rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopi), mata tua (presbiopi), katarak, dan
juling.
2. Telinga
Tuhan
memberikan sepasang telinga di bagian kiri dan kanan kepala kita. Coba
tutuplah telingamu. Pertama-tama tutup sebelah. Dapatkah kamu mendengar
dengan jelas?
Kemudian, tutuplah kedua-duanya. Dapatkah kamu
mendengar? Jadi, kamu dapat mendengar karena
memiliki telinga. Apakah kamu mengetahui
bagian-bagian
yang ada di telingamu? Perhatikan Gambar 1.15.
Dari
Gambar 1.15,
bagian-bagian
telinga dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri
atas daun telinga danlubang telinga. Daun telinga
berfungsi membantu memusatkan
suara yang masuk ke lubang telinga dan lubang telinga menyalurkan suara ke
selaput gendang telinga. Perhatikan Gambar 1.16 a.
Telinga bagian
tengah terdiri atas
selaput gendang
telinga dan tulang-tulang pendengaran. Selaput gendang berfungsi menangkap suara
darilubang telinga. perhatikan Gambar 1.16 b.
Tulang apa saja
yang termasuk pada
telinga bagian tengah? Tulang-tulang
pendengaran berfungsi me-neruskan
getaran suara. Getaran suara tersebut berasal
dari selaput gendang
menuju telinga bagian dalam.
Selain itu, pada
telinga bagian tengah pun terdapat saluran
yang menghubung-kan
telinga dengan pangkal tenggorokan. Saluran ini dinamakan saluran Eustashius. Saluran
ini ber-fungsi
mengatur tekanan udara di dalam dan di luar telinga tetap seimbang.Telinga bagian dalam terdiri
atas rumah siput dan
alat keseimbangan. Rumah siput memiliki sel saraf. Rumah siput berfungsi sebagai
penerima getaran
suara dari tulang pendengaran. Getaran suara
yang diterima dikirimkan
oleh sel saraf ke otak. Amati Gambar 1.16 c. Dapatkah
kamu menunjukkan letak
alat keseimbangan pada telinga? Diskusikan bersama teman dan
gurumu. Agar telinga dapat berfungsi dengan baik, kamu harus selalu merawatnya.
Gangguan-gangguan apa
saja yang dapat terjadi pada telinga? Gangguan
tersebut, di antaranya
tuli. Tuli dapat disebabkan oleh kotoran
yang menyumbat saluran
telinga. Selain itu, tuli dapat disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam
telinga. Oleh
karena itu, kamu harus rajin memelihara kebersihan telingamu. Contohnya dengan cara membersihkan bagian luar telinga secara
hati-hati dan
jangan terlalu dalam. Membersihkan telinga cukup dilakukan seminggu sekali.
Jika berjalan melewati tempat
sampah, kamu akan cepat-cepat
menutup hidung. Sebaliknya, ketika kamu sampai di rumah, kamu akan membiarkan
hidungmu mencium aroma makanan yang telah siap di meja makan. Hal ini menunjukkan bahwa hidung berfungsi sebagai indra penciuman
hidungmu mencium aroma makanan yang telah siap di meja makan. Hal ini menunjukkan bahwa hidung berfungsi sebagai indra penciuman
Dapatkah
kamu bayangkan bagaimana
jikakamu tidak punya hidung?
Coba kamu
amati hidungmu di
depan cermin. Kamu
akan melihat bahwa
hidung dibagi menjadi
dua bagian yang
sama oleh
dinding penyekat seperti pada
Gambar 1.17. Dibagian bawah dibagi oleh penyekat dari
tulang rawan.
Rongga hidung ditumbuhi rambut yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung. Perhatikan Gambar 1.18. Dapatkah kamu
menunjukkan letak rambut-rambut pada
hidung? Hidung juga menghasilkan lendir leng-ket yang berfungsi mengeluarkan kotoran. Agar hidung dapat berfungsi dengan baik sebagai indra pencium, kamu harus selalu men jaganya. Antara lain menutup hidung ketika mele-wati tempat yang penuh debu dan berbau tidak sedap.
hidung? Hidung juga menghasilkan lendir leng-ket yang berfungsi mengeluarkan kotoran. Agar hidung dapat berfungsi dengan baik sebagai indra pencium, kamu harus selalu men jaganya. Antara lain menutup hidung ketika mele-wati tempat yang penuh debu dan berbau tidak sedap.
Lidah merupakan
alat indra pengecap.
Jikadiamati di depan cermin, permukaan lidahmu tampak
kasar. Di bagian yang kasar itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat
macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa bagian
lidah terdapat daerah yang peka rasa. Amati Gambar 1.19. Lidah berguna
dalam merasakan rasa makanan. Jika lidah mengalami
gangguan, kamu tidak
akan dapat merasakan
lezatnya suatu makanan.
Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan lidahmu.
Misalnya, janganmeminum minuman atau memakan makanan yang
terlalu panas atau terlalu dingin.
Ayo, Cari Tahu 1.2
Keterkaitan Rasa dan Bau
Tujuan
Kamu
dapat mengetahui keterkaitan indra perasa dan indra penciuman.
Alat dan Bahan
1. Buah
apel 4. Pisau
2. Buah
pir 5. 1 buah piring kecil
3. Wortel 6. Kain selendang
Langkah Kerja
Kegiatan ini dapat dilakukan
secara berkelompok atau sendiri.
1.
Potonglah
buah apel, buah pir, dan wortel seperti bentuk dadu dengan ukuran yang sama.
2.
Letakkan
potongan buah tadi pada satu buah piring kecil, kemudian campurkan ketiga jenis buah yang
telah dipotong tadi.
3.
Kemudian,
letakkan piring yang berisi potongan buah tadi tepat di
depanmu. Kemudian, tutuplah matamu dengan erat. Gunakan kain
selendang untuk menutup matamu.
depanmu. Kemudian, tutuplah matamu dengan erat. Gunakan kain
selendang untuk menutup matamu.
4.
Tutup
hidungmu sampai kamu tidak dapat mencium bau apapun. Kemudian, makanlah potongan
buah tadi. Cobalah tebak nama buah tersebut.
Diskusikanlah
bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut.
1. Apa
fungsi menutup mata pada kegiatan ini?
2.
Apa yang kamu rasakan ketika kamu makan potongan buah tersebut dan
hidungmu ditutup?
hidungmu ditutup?
3.
Apa yang kamu rasakan ketika kamu makan potongan buah tersebut dan
hidungmu terbuka?
hidungmu terbuka?
4. Manakah
yang lebih mudah pada saat menebak jenis makanan apakah
pada saat hidungmu tertutup atau terbuka?
pada saat hidungmu tertutup atau terbuka?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan
ini?
Cobalah
kamu raba dua
benda yang memiliki permukaan
berbeda. Misalnya, sehelai
kertasdan sebuah
batu. Dapatkah kamu
merasakan permukaan
kertas yang halus dan permukaan batu yang kasar? Tentu kamu dapat membedakannya
karena
kulit berfungsi sebagai alat indra peraba.
Melalui indra peraba, kamu dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila sesuatu menyen-tuh kulitmu. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapi rasa sakit, tekanan, panas, an dingin.Agar kulitmu dapat selalu berfungsi dengan baik, kamu harus selalu merawat dan memeli-haranya. Misalnya, mandi secara teratur sehingga kulitmu tetap bersih. Gunakan sarung tangan apabila akan memegang benda-bendayangdapat melukai kulit.
Melalui indra peraba, kamu dapat merasakan sakit, panas, atau dingin apabila sesuatu menyen-tuh kulitmu. Hal itu dikarenakan pada permukaan kulit kita terdiri atas berbagai penerima rangsang yang akan menanggapi rasa sakit, tekanan, panas, an dingin.Agar kulitmu dapat selalu berfungsi dengan baik, kamu harus selalu merawat dan memeli-haranya. Misalnya, mandi secara teratur sehingga kulitmu tetap bersih. Gunakan sarung tangan apabila akan memegang benda-bendayangdapat melukai kulit.
Ayo,
Berlatih 1.2
Kerjakanlah soal-soal berikut
ini pada buku latihanmu.
1. Tuliskan alat-alat indra yang ada pada
tubuhmu dan jelaskan masing-masing fungsinya.
2. Apa yang kamu lakukan agar masing-masing
alat indramu dapat berfungsi
dengan baik?
Ayo, Pahami
• Secara umum rangka manusia
dibagi menjadi 3 bagian,yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka
badan, dan rangka anggota gerak.
• Rangka berfungsi untuk menegakkan tubuh, tempmenempelnya
otot,
memberikan bentuk pada tubuh, melindungi bagian-bagian yang lunak
yang ada dalam tubuh.
memberikan bentuk pada tubuh, melindungi bagian-bagian yang lunak
yang ada dalam tubuh.
• Berdasarkan bentuknya, tulang
rangka dibagi menjadi 3 macam, yaitu tulang pipa, tulang pendek,
dan tulang pipih.
• Alat indra dalam tubuh manusia terdiri atas mata, telinga,
hidung, lidah,dan kulit.
• Setiap
alat indra memiliki fungsinya sendiri, antara lain mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk
mencium, lidah untuk merasa, dan kulit
untuk meraba.
Ayo, Pelajari Kembali
Pada bab 1 kamu sudah
mempelajari tentang fungsi rangka dan alat indra. Apakah kamu sudah memahami
materi tentang fungsi alat tubuh manusia? Apakah
dalam mempelajari materi tersebut kamu mengalami kesulitan? Jika kamu mengalami
kesulitan, pelajari kembali dan diskusikan bersama temanteman dan gurumu.
Evaluasi Bab 1
Kerjakanlah pada buku latihanmu.
1.Berikut ini bagian rangka yang Tidak termasuk pada pembagian rangka manusia secara garis besar.
a.tulang-tulangrangkakepala
b.tulang-tulangrangkabadan
c.tulang-tulang rangka bahu
b.tulang-tulangrangkabadan
c.tulang-tulang rangka bahu
d.tulang-tulang
rangka anggotagerak
2.Tulang rangka yang berfungsimelindungi jantung dan
paru-paru adalah
...
a. tulang tengkorak
b. tulang rusuk dan dada
c. tulang panggul
d.
tulang tungkai
3.Tulang leher terdiri atas ...
a. 7 ruas
b. 8 ruas
c. 5 ruas
d. 6 ruas
4.Tulang yang termasuk dalamtulang-tulang anggota
gerak adalah
...
a. tulang punggung
b.
tulang rusuk
c.
tulang sanggurdi
d.
tulang pengumpil
5. Berikut ini yang bukan merupakanfungsi utama tulang adalah ...
a. memberikan bentuk pada tulang
a. memberikan bentuk pada tulang
b.
tempat menempelnya otot-otot
c.
melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak
d. menjaga tubuh agar tetap tegak
6.Tulang
yang termasuk dalam anggota
tulang tungkai adalah ...
a.
tulang kering
b. tulang pengumpil
c. tulang tengkorak
d. tulang rusuk
7.Tulang
yang termasuk dalam anggota
tulang pipih adalah ...
a. tibia
a. tibia
b. ¿bula
c.
tulang tengkorak
d.
tulang punggung
8. Skoliosis adalah kelainan tulang karena ...
a.tulangbelakangbengkokke depan
b.tulangbelakangbengkokke belakang
c.tulang belakang bengkok kesamping
d.tulang belakang lurus dankaku
9.
Menurutmu, manakah anggota tubuh yang tidak tergolong alat untukmengindra?
a.
mulut
b.
lidah
c.
kulitd.
d.
mata
1 retina
2 kornea
3 iris
4 lensa
Sumber: Kamus Visual, 2004.
.Bagian
yang berfungsi sebagai layar
penangkap bayangan benda adalah
nomor ...
a.1
b.2
c.3
d.4
11.
Bagian telinga yang berfungsi menangkap dan mengumpulkan suara adalah ...
a.
daun telinga
b.
gendang telinga
c.
tulang-tulang telinga
d.
rumah siput
12. Hal
yang tidak boleh dilakukan agar indra pendengaran kita tidak terganggu adalah ...
a.
membersihkannya setiapminggu
b. mendengar suara-suara yangkeras
c. membersihkannya denganbahan yang lembut
d. tidak terlalu dalam pada saatmembersihkan telinga
13. Bagian
hidung yang berfungsi sebagai
penyaring adalah ...
a. lubang hidung
a. lubang hidung
b. rambut-rambut hidung
c. syaraf pendeteksi bau
d. lapisan pembau
14. Perhatikan gambar
berikut.
2
3
4
Sumber: Menjelajahi dan
Mempelajari, Tubuh
Manusia, 2006.
16..Bagian lidah yang peka
terhadaprasa
pahit adalah nomor ...
a. 1
a. 1
b. 2 .
c. 3
d. 4
17.Kulitberfungsisebagai....... ...
a. indra penglihat
a. indra penglihat
b. indra pendengar
c. indra
perasa
d. indra peraba
B.
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Secara garis besar, rangka
manusia dibagi menjadi 3, yaitu ...
2. Tulang yang dapat
melindungi otak adalah tulang ...
3. Tulang yang bersambungan dengan tulang
dada dan tulang punggung adalah ...
4. Tulang-tulang anggota gerak
berfungsi untuk ...
5.
Rongga pada tulang punggung berisi ... yang terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh.
6. Sumsum merah yang terdapat
dalam tulang pendek berfungsi untuk ...
7.
Alat indra manusia terdiri atas ...
8. Bagian-bagian mata yang
tampak dari luar adalah ...
9. Bagian telinga yang menangkap
gelombang suara dan memberikan getaran pada tulang-tulang telinga adalah ...
10. Alat indra yang berfungsi
sebagai indra perasa adalah ...
C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat
dan jelas.
1.Tuliskan
pembagian rangka manusia secara garis besar dan sebutkan pula tulang-tulang yang termasuk
dalam setiap kelompok pembagian rangka tersebut.
2.Jelaskan fungsi rangka
manusia.
3.Tuliskan
pembagian tulang berdasarkan bentuknya dan jelaskan fungsi utamanya.
4.Tuliskan alat-alat indra pada manusia dan
jelaskan masing-masing fungsinya.
5. Bagaimanakah
cara merawat tulang agar tetap kuat dan berfungsi dengan baik?
Posting Komentar