UKS DAN DOKTER KECIL DI
SEKOLAH DASAR NEGERI NO.22 SUNGAI SERIK
OLEH
:
D I S M A N, S.Pd
NPM : A2M011021
DOSEN PENGAMPU :
DR.ALEXON, M.Pd
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FKIP
UNIVERSITAS BENGKULU
TH 2012
KURIKULUM PELATIHAN
UKS
DAN DOKTER KECIL DI SEKOLAH DASAR NEGERI
NO.22
SUNGAI SERIK
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Filosofi
Pelatihan
II.
KOMPETENSI
III.
TUJUAN PELATIHAN
A. Tujuan
Umum
B. Tujuan
Khusus
IV.
PESERTA (JUMLAH & KRETERIA PESERTA)
V.
STRUKTUR KURIKULUM
VI.
DIAGAM ALIR PROSES PEMBELAJARAN
VII GBPP
VIII EVALUASI
IX SERTIFIKASI
KURIKULUM
UKS DAN PELATIHAN
DOKTER KECIL DI SEKOLAH
DASAR NEGERI
NO.22 SUNGAI SERIK
I.
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pelatihan UKS dan Dokter Kecil merupakan salah satu pelatihan kader kesehatan sekolah
yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan peserta didik
(murid SD) khususnya dalam bidang kesehatan. Di lingkungan sekolah, sering
sekali terjadi beberapa kasus kesehatan yang membutuhkan pertolongan segera,
seperti pada siswa yang epistaksis (mimisan), pingsan, diare, dan penanganan
pada siswa yang jatuh / luka. Unit Kesehatan Siswa (UKS) yang akan dibentuk
adalah salah satu upaya untuk menangani kasus gawat darurat tersebut yang di
daiamnya akan ada kotak P3K yang merupakan perangkat yang harus dimiliki setiap
sekolah dan juga beberapa dokter kecil yang telah mendapatkan pelatihan dan
memiliki keterampilan khusus dalam penanganan kasus-kasus gawat darurat dan
kesehatan lainnya dalam upaya peningkatan kesehatan sekolah. Oleh karena itu,
dibutuhkan siswa yang memiliki keterampilan untuk menangani hal tersebut.
Dalam
pelaksanaannya, dokter kecil yang dipilih dari beberapa siswa berprestasi kelas
3, 4, dan 5 ini akan menjadi dokter kecil yang berpartisipasi dalam usaha
peningkatan kesehatan sekolah dan bertugas di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang
akan terbentuk di SDN No.22 Sungai Serik.
Dokter kecil inilah yang akan menjalankan tugasnya dalam upaya
peningkatan kesehatan sekolah ke depannya. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari program kesehatan anak
usia sekolah. Anak usia sekolah adalah anak yang berusia 6 – 21 tahun, yang
sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 sub kelompok, yakni pra
remaja (6-9 tahun) dan remaja (10-19 tahun).Pelayanan kesehatan pada UKS selain
tersebut diatas juga merupakan kegiatan berupa pemeriksaan kesehatan umum,
kesehatan gigi dan mulut siswa SD dan setingkat melalui penjaringan kesehatan
terhadap murid kelas 1 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang dilaksanakan
oleh tenaga kesehatan bersama dengan guru UKS terlatih dan dokter kecil secara
berjenjang (penjaringan awal oleh guru dan dokter kecil, penjaringan lanjutan
oleh tenaga kesehatan) Salah satu kegiatan untuk membina dan mengembangkan UKS
adalah dengan mengadakan Lomba Cerdas Tangkas Dokter Kecil. Dokter Kecil adalah
siswa yang dipilih guru untuk melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan
peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungan
sekolah.
B. Filosofi
Pelatihan
Para peserta
pelatihan siswa dan guru dalam
pelatihan Dokter kecil ini di
selenggarakan dengan
memperhatikan hal sebagai
berikut ;
1.
Berorientasi
pada peserta dimana peserta berhak ,
untuk:
a. Mendapat
satu paket bahan
belajar tentang pembelajaran.
b. Mendapat pelatih
profesional
yang dapat memfasilitasi dengan
berbagai
metode, melakukan
umpan balik dan
menguasai materi Pembelajaran.
c.
Belajar
sesuai dengan gaya
belajar yang dimiliki, baik
secara visual, auditorial maupun
kinestetik ( gerak).
d. Belajar
dengan Pengalaman yang
dimiliki masing-masin tentang
Pembelajaran.
e.
Melakukan
Refleksi dan memberikan
umpan balik secara
terbuka.
f. Melakukan
Evaluasi dan dievaluasi.
a. Melakukann
pengulangan atau perbaikan,
yang dirasa perlu.
2.
Membentuk peserta didik menjadi dokter kecil yang memiliki kopetensi khusus
3.
Bersikap dan berperilaku sehat
II.
KOMPETENSI
Peserta
pelatihan Dokter kecil ini siswa mempunyai kompetensi
dalam ;
a.
Merencanakan
Program Dokter kecil di
sekolah.
b.
Menyelenggarakan program
Dokter kecil di sekolah
c. Memonitor
program Dokter kecil di sekolah
d.
Mengevaluasi
program Dokter kecil di
sekolah
III.
TUJUAN
PELATIHAN
C.
Tujuan
Umum
Setelah selesai Pelatihan, peserta
diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan serta membangun sikap positif
peserta didik dalam pelaksanaan upaya peningkatan program usaha
Kesehatan Sekolah (UKS )
D.
Tujuan
Khusus
Dengan berakhirnya
kegiatan pelatihan guru ini,
maka peserta pelatihan di harapkan mampu ;
a)
Memahami program UKS dan Dokter Kecil
b)
Memahami program UKS dan Dokter Kecil
c)
Bersikap dan berperilaku sehat
d)
Membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanan di sekolah
e)
Melakukan pengenalan tanda-tanda penyakit
f)
Melakukan pengamatan kebersihan di sekolah
g)
Membuat laporan kegiatan dokter kecil
IV.
PESERTA
& KRETERIA)
A.
Peserta Pelatihan
Peserta didik (siswa) Sekolah Dasar kelas 4 dan 5 dengan jumlah 10-20
orang
B.
Kriteria
a.
Berprestasi disekolah
b.
Berbadan sehat
c.
Berwatak pemimpin dan bertanggung jawab
d.
Berpenampilan bersih dan berprilaku
e.
Berbudi perkerti baik dan suka menolong
f.
Izin orang tua
V.
STRUKTUR
PROGRAM
No.
|
Materi Pelatihan
|
Waktu Pembelajaran
|
|||
T
|
P
|
PL
|
Jumlah
|
||
A.
|
MATERI DASAR (MD)
|
|
|
|
|
1.
|
Program UKS
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2.
|
Program Dokter
Kecil
|
1
|
-
|
-
|
1
|
B.
|
MATERI INTI (MI)
|
|
|
|
|
1.
|
Kesehatan Lingkungan
§ Lingkungan hidup manusia
§ Rumah Sehat
§ Air dan kesehatan
§ Air limbah dan kesehatan
§ Sampah dan kesehatan
§ Kotoran manusia dan kesehatan
|
2
|
8
|
-
|
10
|
2.
|
Pencegahan Penyakit Menular
§ Pencegahan Penyakit Menular Langsung
§ Pencegahan Penyakit Menular Bersumber Langsung
|
3
|
3
|
-
|
6
|
3.
|
Kesehatan Gigi dan mulut
§ Bagian gigi dan mulut
§ Penyakit gigi dan mulut
§ Pencegahan penyakit gigi dan mulut
|
2
|
3
|
-
|
5
|
4.
|
Kesehatan Indera Penglihatan
§ Menjaga kesehatan mata
§ Pencegahan penyakit mata
|
2
|
1
|
-
|
3
|
5.
|
Kesehatan Indera Pendengaran
§ Menjaga kesehatan pendengaran
§ Pencegahan gangguan pendengaran
Dan Penyakit
Telinga
|
2
|
1
|
-
|
3
|
6.
|
Immunisasi
|
1
|
-
|
-
|
1
|
7.
|
Gizi
§ Pengetahuan Gizi Dasar
§ Kantin sekolah
§ Pemantauan Pertumbuhan Peserta didik dengan KMS-
Anak Sekolah
|
3
|
4
|
-
|
7
|
8.
|
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)
|
1
|
3
|
-
|
4
|
9.
|
NAPZA
|
1
|
1
|
-
|
2
|
10.
|
Pemeriksaan
Kesehatan Peserta
|
-
|
1
|
-
|
1
|
C.
|
MATERI PENUNJANG
|
|
|
|
|
1.
|
Membangun
komitmen belajar
|
1
|
1
|
-
|
2
|
|
JUMLAH
|
20
|
26
|
-
|
46
|
*Diskripsi
Materi :
1.
Kebijakan
Dinas/ Sekolah
Penyusunan
Program Rkas
Penyusunan Anggaran
Dan Pembiayaan Pelatihan dalam
RKAS
2.
Depkes RI Pedoman,
Modul Dan Materi Pelatihan “DOKTER KECIL”
Jakarta 2001
3.
Depkes RI Petunjuk
Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang
Kesehatan RI / Kabupaten
DIAGRAM
ALIR PROSES PEMBELAJAAN
Diagram
Alir proses pembelajaran pada
pelatihan tehknis, Profesi
Keguruan /
Pendidikan :
|
|
GBPP (Garis-garis Besar Program
Pengajaran )
Tujuan Khusus
|
Indikator
|
Judul materi
|
Waktu
|
Metode
|
Media
|
Alat
Bantu
|
Ref
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
9
|
10
|
Pelatihan UKS dan Dokter Gigi
|
Teori dan praktek 45 jam
mata pelajaran dengan setiap mata pelajaran 45 menit
|
Meningkat kan pengetahuan
Keterampilan serta membangun sikap positif peserta didik dalam upaya program usaha
kesehatan sekolah UKS
|
Membentuk peserta didik menjadi dokter kecil yang memiliki kopentensi
khusuus seperti terudai diatas
|
Pelatihan UKS dan Dokter kecil
|
Sasaran
pelatihan dokcil
|
Kertas
Alat Tulis
Gunting
Penggaris
Dan alat
lain yang mendukung
|
Depkes RI
pedoman, modul
dan materi pelatihan “dokter kecil” jakarta 2001
Depkes RI
petunjuk teknis standar pelayanan minimal
bidang kesehatan RI
|
VI.
EVALUASI
Dengan diadakannya Pelatihan
UKS dan Dokter Kecil ini diharapkan
- Siswa peserta Pelatihan UKS dan Dokter Kecil memiliki pengetahuan dan keterampilan seputar penanganan pasien gawat darurat ringan untuk ditugaskan pada Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang akan terbentuk di sekolah.
- Siswa peserta Pelatihan UKS dan Dokter Kecil memiliki pengetahuan dan mengenal alat-alat kedokteran serta isi dari kotak P3K yang digunakan dalam penanganan pasien di Unit kesehatan yang ada di sekolah
VII.
SERTIFIKASI
Setiap Peserta Yang Telah
Mengikuti Pelatihan UKS dan Dokter Kecil Diberikan Sertifikat Yang
Ditandatangani Ketua Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota Atau Pejabat Berwenang Di
Daerah
Posting Komentar